Berita Bola

Legenda Liga Premier Arsenal dari Dennis hingga Wright

Posted by

Legenda Liga Premier Arsenal dari Dennis hingga Wright. Tidak ada kekurangan superstar di Highbury dan Stadion Emirates selama 30 tahun terakhir.

Dari pemenang ganda 1997-98 hingga ‘Invincibles’ pada 2003-04, para pendukung Arsenal telah menyaksikan bagian yang adil dari talenta-talenta terhebat dalam permainan ini di London Utara.

Tapi ikon Gunners mana yang menonjol di atas yang lainnya?

LiveScore menyoroti lima pemain terhebat yang mengenakan kaus merah putih selama era Liga Premier.

Tony Adams – Hanya David O’Leary yang bermain lebih banyak untuk Arsenal daripada pemain satu klub Tony Adams.

Kapten The Gunners yang legendaris itu mencatatkan 672 penampilan yang mengejutkan di semua kompetisi, mengangkat sembilan trofi utama yang mengesankan selama 19 tahun berkarir.

Kekuatan terbesar Adams adalah kemampuannya untuk bergerak dengan waktu — memenangkan penghargaan besar di tahun 80-an, tahun-tahun awal Liga Premier dan setelah revolusi Arsene Wenger di Highbury.

Seorang pemimpin yang kuat di lapangan meskipun berjuang melawan alkoholisme dalam kehidupan pribadinya, tidak ada yang lebih identik dengan Arsenal daripada bek tengah lama mereka.

Ian Wright – Dengan 185 gol hanya dalam tujuh musim di Highbury, Ian Wright adalah legenda bonafide di London Utara.

Vokalis karismatik itu mencetak 30 gol atau lebih dalam empat kampanye terpisah, mencetak 35 gol terbaik dalam kariernya pada 1993-94.

Dia memenangkan Piala Winners Eropa tahun itu – meskipun absen di final melawan Parma – setelah mengamankan dua piala domestik musim sebelumnya.

Seorang tokoh kunci dalam tim sampai kepergiannya pada tahun 1998, butuh waktu hingga tahun 2005 bagi Thierry Henry untuk memecahkan rekor gol klub sepanjang masa Wright.

Patrick Vieira – Pertempuran lini tengah Patrick Vieira yang terkenal dengan Roy Keane melambangkan perebutan gelar Arsenal dan Manchester United di akhir 90-an dan awal 2000-an.

Dan, berbicara pada tahun 2016, Keane penuh dengan pujian untuk musuh lamanya.

Dia berkata: “Saya tidak berpikir kita akan pernah menjadi teman dekat yang saling membeli minuman di pub tetapi dari semua orang yang pernah saya hadapi sebagai pemain, dia mendorong saya untuk menjadi lebih baik.

“Jelas Arsenal adalah tim yang benar-benar menantang Manchester United dan, untuk waktu yang singkat, melewati kami. Dan sebagai pemimpin mereka, Patrick sangat hebat.

“Tanpa ragu saya akan menempatkan dia bersama [Zinedine] Zidane, [Paul] Scholes, [Steven] Gerrard dan [Frank] Lampard sebagai salah satu yang terbaik yang pernah saya mainkan atau lawan, dia sebagus itu.

“Pada zamannya, ketika dia memimpin Arsenal dengan kekuatan kepribadiannya, dia tidak bisa dimainkan.”

Salah satu rekrutan Wenger yang paling transformatif, Vieira menggantikan Adams sebagai kapten dan memenangkan tujuh penghargaan utama bersama The Gunners – terutama sebagai kapten tim 2003-04 yang sepanjang musim tak terkalahkan.

Dennis Bergkamp – Transisi Arsenal menjadi kekuatan sepakbola modern dipelopori oleh Dennis Bergkamp setelah kedatangannya dari Inter Milan pada 1995.

Seorang teknisi yang luar biasa dengan sentuhan pertama yang mematikan dan bakat yang berlimpah, bintang Belanda itu mencetak serangkaian gol sensasional dalam 11 tahun bersama The Gunners.

Yang terbaik dari kelompok itu adalah giliran dan penyelesaiannya yang memukau melawan Newcastle selama kampanye 2001-02, terpilih sebagai gol terbaik era Liga Premier pada tahun 2017.

Meskipun tidak pernah produktif — memukul dua digit di liga untuk terakhir kalinya pada tahun 1999 — kombinasi unik dari kreativitas dan potensi Bergkamp di area penalti membuatnya menjadi salah satu penyerang papan atas yang paling tidak terduga.

Thierry Henry – Dengan empat penghargaan Sepatu Emas Premier League atas namanya, tidak diragukan lagi bahwa Thierry Henry adalah striker terhebat yang pernah bermain untuk The Gunners.

Angka-angka berbicara sendiri — pemain nomor 14 Arsenal yang legendaris mencetak 228 gol dalam 377 pertandingan, membantu tim London Utara memenangkan dua gelar liga, dua Piala FA, dan mencapai final Liga Champions pada 2006.

Awalnya seorang pemain sayap sebelum diubah menjadi penyerang tengah oleh Wenger, pemain Prancis itu mencapai angka 30 gol dalam lima musim yang berbeda dan membuat ketakutan di jantung pertahanan di seluruh Inggris.

Sebuah finisher yang mudah dengan gerakan luhur, Henry akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah menghiasi Liga Premier.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.